Senin, 08 Oktober 2012 | By: Unknown

Sintaks Mencari Bangun Datar dalam Object Oriented Programing Java

Selamat Pagi Teman-teman,,,, #
Hari kita akan belajar mengenai  Pemograman BerOrientasi Objek dalam bahasa Java (PBO) atau kalau dalam bahasa Ingrisnya itu lebih dikenal dengan OOP (Object Oriented Programming)
ada yang bilang kalau belajar Java,, tapi enggak belajar PBO nya,,, Seperti kata Pepatah bilang...
"Masak Sayur Tanpa Garam".. Hehehe... itu sih bisa-bisa nya admin...!!
So... sebelum membahas terlalu jauh..
Admin mw Ng'Share nih... menurut Ensiklopedia Google PBO adalah  Paradigma Pemograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemograman. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya,


dalam OOP Atau PBO terdiri dari beberapa Class, dan Objek..
Oke Guys... ini Ada Contoh Tentang OOP ,, mengenai mencari Luas Bangun datar
disini terdapat pilihan Menu -menu nya
yg pertama mencari Segitiga, Persegi Panjang dan Lingkaran.
Total seluruhnya disini terdapat 6 Class,,

1. Class bangundatar

import java.util.Scanner;
public class bangundatarApp {
public static void main(String[] args) {
Scanner scn = new Scanner (System.in);
bangundatarOOP bd = new bangundatarOOP();
garisenter ge = new garisenter();
char c;
do{
ge.enter();
ge.garis();
ge.enter();
System.out.println(" Program Bangun Datar");
ge.enter();
ge.garis();
ge.enter();
System.out.println(" Menu ");
System.out.println(" 1. Segitiga");
System.out.println(" 2. Segipanjang");
System.out.println(" 3. Lingkaran");
ge.enter();
System.out.print(" Pilih Menu : ");
int pilih = scn.nextInt();
switch (pilih){
case 1 : bd.segi3OOP();
break;
case 2 : bd.segipanjangOOP();
break;
case 3 : bd.lingkaranOOP();
break;
default : System.out.println();
break;
}
ge.enter();
ge.garis();
ge.enter();
System.out.print(" Ulangi? (Y/T) : ");
c = scn.next().charAt(0);
} while (c=='Y'||c=='y');
}
}

2. Class bangundatarOOP

import java.util.Scanner;
class bangundatarOOP {
public void segi3OOP() {
Scanner scn = new Scanner (System.in);
segi3 s3 = new segi3();

System.out.print(" Masukan alas segitiga   : ");
int a = scn.nextInt();
s3.setAlas(a);
System.out.print(" Masukan tinggi segitiga : ");
int t = scn.nextInt();
s3.setTinggi(t);

System.out.println(" alas segitiga        = " + s3.getAlas());
System.out.println(" tinggi segitiga      = " + s3.getTinggi());
System.out.println(" Sisi miring segitiga = " + s3.sisimiring());
System.out.println(" Keliling segitiga    = " + s3.keliling());
System.out.println(" Luas segitiga        = " + s3.hitungLuas());
}

public void segipanjangOOP() {
Scanner scn = new Scanner (System.in);
segipanjang spanjang = new segipanjang();

System.out.print(" Masukan panjang : ");
int p = scn.nextInt();
spanjang.setPanjang(p);
System.out.print(" Masukan lebar   : ");
int l = scn.nextInt();
spanjang.setLebar(l);

System.out.println(" Panjang segipanjang  = " + spanjang.getPanjang());
System.out.println(" Lebar segipanjang    = " + spanjang.getLebar());
System.out.println(" Keliling segipanjang = " + spanjang.keliling());
System.out.println(" Luas segipanjang     = " + spanjang.hitungLuas());
}
public void lingkaranOOP() {
Scanner scn = new Scanner (System.in);
lingkaran lingk = new lingkaran();

System.out.print(" Masukan jari-jari lingkaran : ");
int j = scn.nextInt();
lingk.setJari(j);

System.out.println(" Jari-jari lingkaran = " + lingk.getJari());
System.out.println(" Keliling lingkaran  = " + lingk.keliling());
System.out.println(" Luas lingkaran      = " + lingk.hitungLuas());
}
}

3. Class Lingkaran.

public class lingkaran {
private int jari;

public void setJari(int jari) {
this.jari = jari;
}
public int getJari (){
return jari;
}
public double hitungLuas(){
double luas;
luas = (22/7)*jari*jari;
return luas;
}
public double keliling(){
double KL;
KL = (22/7)*(jari+jari);
return KL;
}
}

4. Class Segitiga.

public class segi3 {
private int alas;
private int tinggi;
private double sm;

public void setAlas(int alas) {
this.alas = alas;
}
public void setTinggi(int tinggi) {
this.tinggi = tinggi;
}
public int getAlas (){
return alas;
}
public int getTinggi(){
return tinggi;
}
public double hitungLuas(){
double luas;
luas = 0.5*alas*tinggi;
return luas;
}
public double sisimiring(){
sm = Math.sqrt(tinggi*tinggi+alas*alas);
return sm;
}
public double keliling(){
double KL;
KL = alas+ tinggi+ sm;
return KL;
}

}

5. Class Persegi Panjanng.

public class segipanjang {
private int panjang;
private int lebar;

public void setPanjang(int panjang) {
this.panjang = panjang;
}
public void setLebar(int lebar) {
this.lebar = lebar;
}
public int getPanjang (){
return panjang;
}
public int getLebar(){
return lebar;
}
public int hitungLuas(){
int luas;
luas = panjang*lebar;
return luas;
}
public int keliling(){
int KL;
KL = 2 * (panjang + lebar);
return KL;
}
}

6. Class Garis.

class garisenter {
public void garis(){
for (int i=0; i<40; i++)
System.out.print("=");
System.out.println();
}
public void enter(){
System.out.println();
}
}

1 komentar:

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar